Kamis, 22 Oktober 2009

Rpp Ekonomi 2009 kelas XII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (Dua Belas) / I (satu)
Alokasi Waktu : 12 x 40 menit


Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar : 1.1 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus

Indikator : 1. Menafsirkan definisi perusahaan dagang.
2. Mengklasifikasikan akun-akun khusus yang dijumpai pada perusahaan dagang.
3. Mengidentifikasi metode pencatatan persediaan barang dagang
4. Mencatat transaksi ke jurnal khusus.

A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat Menafsirkan definisi dan ciri-ciri perusahaan dagang melalui diskusi di kelas.
b) Siswa dapat Mendiskusikan pengklasifikasian akun-akun khusus dan pada perusahaan dagang di kelas.
c) Siswa dapat Menentukan metode pencatatan barang dagang melalui pengkajian sumber bahan
d) Siswa dapat Menerapkan tahapan pencatatan transaksi perusahaan dagang dengan mengkaji sumber bahan.
.

B. Materi Pokok
Pencatatan transaksi perusahaan dagang dan jurnal khusus

C. Uraian Materi
a) Pengertian dan ciri-ciri perusahaan dagang
b) Transaksi, akun-akun, syarat pembayaran, dan syarat penyerahan barang dalam perusahaan dagang
c) Bukti transaksi
d) Ilustrasi pencatatan transaksi perusahaan dagang
e) Persediaan barang dagang
f) Pengertian, manfaat, dan pengelompokkan transaksi jurnal khusus

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang perusahaan dagang. Kemudian guru menguraikan dengan jelas tentang kompetensi dasar dan materi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.



2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang perusahaan dagang.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata serta mencatat persediaan barang dagang dengan ketiga metode tersebut.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendiskusikan pengertian, manfaat, dan pengelompokkan transaksi jurnal khusus.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi

G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol




Inderalaya, 20 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah





Drs. Dakir Sokariyo Novariadiningsih, S.Pd













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (Dua Belas) / I (satu)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit


Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar : 1.2 Melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar

Indikator :1. Memposting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu. 2. Memposting jurnal umum dan khusus ke dalam buku besar utama.

A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat memosting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.
b) Siswa dapat memosting jurnal umum dan khusus ke dalam buku besar utama.

B. Materi Pokok
Posting dari jurnal ke buku besar

C. Uraian Materi
a) Pencatatan transaksi pada buku besar pembantu dan utama
b) Posting jurnal khusus ke buku besar utama
c) Posting jurnal umum ke buku besar utama
d) Ilustrasi pencatatan transaksi pada buku besar pembantu dan buku besar utama

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang pencatatan transaksi perusahaan dagang dan jurnal khusus. Kemudian guru menjelaskan bahwa kali ini pencatatan tersebut akan dilanjutkan ke dalam buku besar.
b. Motivasi
Pemahaman materi kali ini sangat berguna dalam pemahaman mengenai akuntansi perusahaan dagang lebih lanjut.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk melakukan posting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk melakukan posting jurnal khusus ke buku besar
utama.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk melakukan posting jurnal umum ke buku besar
utama.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi

G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol



Inderalaya, 20 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah





Drs. Dakir Sokariyo Novariadiningsih, S.Pd






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (Dua Belas) / I (satu)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit



Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar : 1.3 Menghitung harga pokok penjualan

Indikator : 1. Menghitung pembelian bersih.
2. Menghitung jumlah barang yang tersedia untuk dijual.
3. Menghitung harga pokok penjualan.

A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menghitung pembelian bersih.
b) Siswa dapat menghitung jumlah barang yang tersedia untuk dijual.
c) Siswa dapat menghitung harga pokok penjualan.

B. Materi Pokok
Harga pokok penjualan

C. Uraian Materi
a) Penghitungan pembelian bersih
b) Penghitungan jumlah barang yang tersedia untuk dijual
c) Penghitungan harga pokok penjualan

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengilustrasikan dengan jelas tentang harga pokok penjualan serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Penghitungan harga pokok penjualan sangat penting dalam pembelajaran ilmu akuntansi.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk melakukan penghitungan pembelian bersih.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk melakukan penghitungan jumlah barang yang tersedia untuk dijual.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk melakukan penghitungan harga pokok penjualan.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi

G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol



Inderalaya, 20 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah





Drs. Dakir Sokariyo Novariadiningsih, S.Pd






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (Dua Belas) / I (satu)
Alokasi Waktu : 20 x 40 menit

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
Kompetensi Dasar : 1.4 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang
Indikator : 1. Menyusun daftar sisa/neraca sisa
2. Membuat jurnal penyesuaian.
3. Membuat kertas kerja perusahaan dagang.
4. Membuat jurnal penutup.
5.Memindahbukukan (posting) jurnal penyesuaian dan jurnal penutup ke buku besar.
6.Menyusun neraca sisa setelah penutupan.
7.Membuat jurnal pembalik.
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi.
b) Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan harga pokok penjualan.
c) Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang untuk sistem perpetual.
d) Siswa dapat menyusun kertas kerja perusahaan dagang.
e) Siswa dapat membuat jurnal penutup, neraca sisa setelah penutupan, dan jurnal pembalik

B. Materi Pokok
Ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang

C. Uraian Materi
a) Neraca saldo
b) Jurnal penyesuaian perusahaan dagang
c) Kertas kerja

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai materi kali ini mengindiksikan penguasaan standar kompetensi.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menyusun jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi dan pendekatan harga pokok penjualan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menyusun jurnal penyesuaian persediaan barang dagang untuk sistem perpetual.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menyusun kertas kerja perusahaan dagang.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi

G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol



Inderalaya, 20 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah





Drs. Dakir Sokariyo Novariadiningsih, S.Pd
























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (Dua Belas) / I (satu)
Alokasi Waktu : 14 x 40 menit


Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
Kompetensi Dasar : 1.5 Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang
Indikator : 1. Menyusun laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal. 2. Menyusun neraca dan laporan arus kas.

A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menyusun laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal.
b) Siswa dapat menyusun neraca dan laporan arus kas.

B. Materi Pokok
Laporan keuangan perusahaan dagang

C. Uraian Materi
a) Laporan laba-rugi
b) Laporan perubahan modal
c) Neraca
d) Laporan arus kas

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi penjelasan tentang pentingnya penyusunan laporan keuangan.
b. Motivasi
Laporan keuangan perusahaan dagang antara lain dapat digunakan sebagai sarana evaluasi kegiatan perusahaan dagang tersebut.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendiskusikan pembuatan laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendiskusikan pembuatan neraca dan laporan arus kas.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi

G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol



Inderalaya, 20 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah





Drs. Dakir Sokariyo Novariadiningsih, S.Pd





































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (Dua Belas) / I (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit


Standar Kompetensi : 2. Memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang
Kompetensi Dasar : 2.1 Membuat jurnal penutupan
Indikator : Membuat jurnal penutup

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membuat jurnal penutup
B. Materi Pokok
Jurnal penutupan
C. Uraian Materi
Jurnal penutup
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi gambaran umum mengenai jurnal penutup.
b. Motivasi
Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan pembuatan jurnal
penutup.
c. Hasil diskusi tersebut kemudian dibahas bersama guru.
d. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol

Inderalaya, 20 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah




Drs. Dakir Sokariyo Novariadiningsih, S.Pd

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (Dua Belas) / I (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit


Standar Kompetensi : 2. Memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang
Kompetensi Dasar : 2.2 Melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar
Indikator : Memosting jurnal penutupan ke buku besar.

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memosting jurnal penutupan ke buku besar.
B. Materi Pokok
Posting jurnal penutupan ke buku besar
C. Uraian Materi
Posting jurnal penutupan ke buku besar
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi informasi awal tentang posting jurnal penutupan ke buku besar.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai materi kali ini akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar.
c. Hasil diskusi tersebut kemudian dibahas bersama guru.
d. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi

G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol

Inderalaya, 20 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah




Drs. Dakir Sokariyo Novariadiningsih, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (Dua Belas) / I (satu)
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit


Standar Kompetensi : 2. Memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang
Kompetensi Dasar : 2.3 Membuat neraca saldo setelah penutupan buku
Indikator : 1. Menyusun neraca saldo setelah penutupan.
2. Membuat jurnal pembalik.

A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menyusun neraca saldo setelah penutupan.
b) Siswa dapat membuat jurnal pembalik.

B. Materi Pokok
Neraca saldo setelah penutupan dan jurnal pembalik

C. Uraian Materi
a) Neraca saldo setelah penutupan
b) Jurnal pembalik

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang posting jurnal penutupan ke buku besar. .Kemudian guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang neraca saldo setelah penutupan dan jurnal pembalik.
b. Motivasi
Siswa dapat memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk Mendiskusikan penyusunan neraca saldo setelah penutupan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendiskusikan penyusunan jurnal pembalik.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi

G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol



Inderalaya, 20 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah




Drs. Dakir Sokariyo Novariadiningsih, S.Pd








































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (Dua Belas) / II (Dua)
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit


Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional
Kompetensi Dasar : 3.1 Menjelaskan unsur-unsur manajemen
Indikator :
1. Menjelaskan pengertian manajemen.
2. Menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.

A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menjelaskan pengertian manajemen.
b) Siswa dapat menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.

B. Materi Pokok
Manajemen

C. Uraian Materi
a) Pengertian manajemen
b) Jenjang manajemen
c) Prinsip-prinsip manajemen

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang manajemen. Kemudian guru menguraikan dengan jelas gambaran umum mengenai manajemen.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai manajemen sangat penting mengingat peranan manajemen (khususnya pada badan usaha) dalam perekonomian saat ini cukup besar. Selain itu, pemahaman mengenai manajemen akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang pengertian manajemen.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenjang manajemen.\
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mencari informasi tentang prinsip-prinsip manajemen.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi

G. Sumber dan Alat
Buku teks




Inderalaya, 20 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah




Drs. Dakir Sokariyo Novariadiningsih, S.Pd






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (Dua Belas) / II (Dua)
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit


Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
nasional
Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan
usaha
Indikator : 1. Mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.
2. Menjelaskan teori-teori manajemen.
3. Mengidentifikasi bidang-bidang manajemen.

A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.
b) Siswa dapat menjelaskan teori-teori manajemen.
c) Siswa dapat mengidentifikasi bidang-bidang manajemen.

B. Materi Pokok
Fungsi manajemen

C. Uraian Materi
a) Fungsi-fungsi manajemen
b) Teori-teori manajemen
c) Bidang-bidang manajemen

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan mengenai berbagai kegiatan di masing-masing bidang manajemen. Kemudian guru memberi pengarahan agar siswa mencatat hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi dasar.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha sangat penting karena siswa dapat memperoleh gambaran tentang apa yang harus dilakukan jika terlibat dalam pengelolaan suatu badan usaha kelak.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mencari informasi tentang teori-teori manajemen.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi bidang-bidang manajemen.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi

G. Sumber dan Alat
Buku teks




Inderalaya, 20 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah




Drs. Dakir Sokariyo Novariadiningsih, S.Pd
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (Dua Belas) / II (Dua)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit


Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
nasional.
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian
Indonesia
Indikator :1. Mengidentifikasi bentuk-bentuk Badan Usaha (BUMN, BUMS,
Koperasi dan Asing).
2. Mengidentifikasi peran badan usaha masing-masing dalam
perekonomian Indonesia.
3. Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan badan usaha yang
terjadi di dalam kegiatan perekonomian masyarakat setempat

A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat membedakan badan usaha dan perusahaan.
b) Siswa dapat mengidentifikasi jenis badan usaha.
c) Siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk badan usaha.
d) Siswa dapat menjelaskan fungsi badan usaha.

B. Materi Pokok
Badan usaha

C. Uraian Materi
a) Pengertian badan usaha
b) Jenis badan usaha
c) Berbagai bentuk badan usaha
d) Fungsi badan usaha

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang badan usaha. Kemudian guru memberi penjelasan secara singkat dan jelas tentang badan usaha dan perusahaan serta menguraikan tentang jenis dan bentuk badan usaha.
b. Motivasi
Siswa memahami peran badan usaha dalam perekonomian nasional.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk membedakan badan usaha dan perusahaan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi jenis dan bentuk badan usaha.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menjelaskan fungsi badan usaha.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi

G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol




Inderalaya, 20 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah




Drs. Dakir Sokariyo Novariadiningsih, S.Pd






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (Dua Belas) / II (Dua)
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit


Standar Kompetensi : 4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan koperasi
sekolah
Indikator : 1. Mendeskripsikan pentingnya koperasi sekolah
2. Memilih jenis barang yang diusahakan koperasi sekolah
3. Mengelola koperasi sekolah.
4. Peduli terhadap manfaat koperasi bagi kesejahteraan anggotanya.
5. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan koperasi.

A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
b) Siswa dapat menjelaskan proses pendirian dan operasionalisasi koperasi sekolah.
c) Siswa dapat menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.

B. Materi Pokok
Koperasi dan koperasi sekolah

C. Uraian Materi
a) Pengertian serta landasan, asas, tujuan, fungsi, peran, dan prinsip koperasi
b) Organisasi dan pengelolaan koperasi
c) Kehidupan dan usaha pengembangan koperasi
d) Koperasi sekolah

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang badan usaha. Kemudian guru mengaitkan materi tersebut dengan materi yang baru, yakni koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
b. Motivasis
Siswa dapat memahami tentang arti penting koperasi pada umumnya dan arti penting koperasi sekolah pada khususnya. Kemudian diharapkan dengan pemahaman tersebut, siswa termotivasi untuk aktif dalam kegiatan koperasi sekolah.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menjelaskan proses pendirian dan operasionalisasi koperasi sekolah.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi

G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol


Inderalaya, 20 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah




Drs. Dakir Sokariyo Novariadiningsih, S.Pd




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (Dua Belas) / II (Dua)
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit



Standar Kompetensi : 4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan

Kompetensi Dasar : 4.2 Menghitung pembagian sisa hasil usaha

Indikator : 1. Menyusun tahap pelaporan akuntansi Koperasi
2. Menyusun laporan perhitungan sisa hasil usaha (SHU).
3. Membuat pembagian SHU.

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menghitung pembagian sisa hasil usaha

B. Materi Pokok
Sisa hasil usaha

C. Uraian Materi
a) Pengertian sisa hasil usaha
b) Informasi dasar penghitungan sisa hasil usaha
c) Rumus pembagian sisa hasil usaha
d) Prinsip-prinsip pembagian sisa hasil usaha
e) Pembagian sisa hasil usaha per anggota

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang koperasi. Kemudian guru memberi informasi awal mengenai sisa hasil usaha dalam koperasi.
b. Motivasi
Siswa memahami pembagian sisa hasil usaha.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang pengertian, penghitungan, dan pembagian sisa hasil usaha.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menghitung pembagian sisa hasil usaha.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja kelompok (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi

G. Sumber dan Alat
Buku teks dan spidol




Inderalaya, 20 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah




Drs. Dakir Sokariyo Novariadiningsih, S.Pd


































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Sekolah : SMA Islam Terpadu Raudhatul Ulum
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XII (Dua Belas) / II (Dua)
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit


Standar Kompetensi : 4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan
Kompetensi Dasar : 4.3 Mendeskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan
Indikator : 1. Mendeskripsikan konsep wirausaha.
2. Mengidentifikasi peran wirausaha dalam perekonomian
nasional.
3. Menunjukan sektor-sektor yang dapat dimasuki wirausaha (sektor formal dan informal).
4. Melakukan penelitian sederhana terhadap keberhasilan atau kegagalan wirausaha dilingkungan setempat.
5. Menetapkan alternatif kombinasi sumber daya ekonomi di lingkungan setempat.
6. Menerapkan sikap dan jiwa wirausaha.

A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menjelaskan pengertian wirausaha dan peranannya terhadap perekonomian nasional.
b) Siswa dapat mengidentifikasi sektor-sektor yang dapat dimasuki oleh seorang wirausahawan.
c) Siswa dapat meneliti penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausahawan di lingkungan sekitar.
d) Siswa dapat memanfaatkan sumber daya ekonomi di lingkungan sekitar.
e) Siswa dapat menerapkan sikap dan jiwa wirausaha dalam diri.

B. Materi Pokok
Kewirausahaan

C. Uraian Materi
a) Wirausaha dan wirausahawan
b) Bidang usaha kegiatan wirausaha
c) Penelitian kegiatan wirausaha
d) Perencanaan bisnis wirausaha
e) Ciri-ciri wirausahawan sukses
f) Syarat menjadi wirausahawan

D. Pendekatan
Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa mengenai kewirausahaan. Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan mengenai kegiatan wirausaha serta faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha.
b. Motivasi
Menanamkan jiwa wirausaha dalam diri siswa.

2. Kegiatan Inti
Siswa diberi tugas untuk membuat ringkasan tentang pengertian wirausaha dan peranannya terhadap perekonomian nasional, sektor-sektor yang dapat dimasuki oleh seorang wirausahawan, dan penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausahawan di lingkungan sekitar.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Hasil kerja individu (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi

G. Sumber dan Alat
Buku teks, dan spidol



Inderalaya, 20 Juli 2009
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah




Drs. Dakir Sokariyo Novariadiningsih, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar